Song

Jumat, 01 Februari 2013

Pagophagia Es Batu


Saya suka makan es batu, dan ternyata es batu itu adalah penyebab pusing saya dalam beberapa hari ini Zz

Anahad O’Connor, kolumnis harian The New York Times, belum lama ini menulis sebuah artikel yang mengaitkan kebiasaan mengunyah es batu dengan anemia.
“Para peneliti sebenarnya tidak benar-benar memahami kaitannya, tetapi beberapa di antara mereka mencurigai bahwa konsumsi es yang kompulsif -yang disebut pagophagia- meringankan peradangan di mulut yang disebabkan oleh kurangnya kadar zat besi dalam tubuh,” begitu tulisnya.

Ini adalah termasuk salah satu dari penyakit 'ingin memakan sesuatu yg tidak mengandung zat bergizi apapun'.

Ada beberapa mitos yang saya tau ;
  • Saat membandingkan suhu ketiak dan suhu di dalam mulut, suhu di dalam mulut jauh lebih panas, oleh karena itu muncullah rasa ingin mendinginkan suhu dalam mulut.
  • Karena kurangnya zat besi jadi muncullah rasa ingin memakan sesuatu yg lain.
  • Dengan memakan es batu dalam jumlah banyak akan mengurangi kebutuhan usus dalam menyerap zat besi .
  • Karena kurangnya sel darah merah, pengiriman oksigen ke dalam otak tidak cukup, akhirnya terjadi gangguan sistem syaraf yang menyebabkan penyesuaian suhu tubuh tidak teratur dengan baik yg menyebabkan keinginan untuk memakan es batu.
Namanya juga mitos, belum tentu itu semua benar @@ Sampai sekarang juga penyebabnya masih menjadi pertanyaan para ahli.

Gejalanya itu seperti makan es batu terus menerus (kayak kecanduan), berkurangnya stamina dan daya ingat, tidur tidak nyenyak, bangun tidak segar, cepat lelah, hilangnya nafsu makan (kayak gejala kekurangan zat besi), muka pucat, jantung berdebar terus menerus, sesak nafas (kayak gejala anemia).

Ini ada beberapa cara menangani penyakit gila es batu yg saya temukan di internet ;
  1. Olahraga teratur, perbanyak hemoglobin
  2. Tidur yg cukup
  3. Makan makanan yg mengandung banyak zat besi seperti kedelai, bayam, buah plum (wanita dewasa membutuhkan 15 ~ 20mg zat besi)
  4. Banyak makan telur dan minum susu untuk membuat sel-sel darah merah
  5. Makan obat-obat yg mengandung zat besi
  6. Makan makanan / minuman yg mengandung vitamin C untuk mempermudah penyerapan zat besi

Wanita dewasa setiap bulan akan mengalami haid, sehingga kehilangan zat besi kemudian muncul gejala anemia. Dalam beberapa tahun terakhir sekitar 20% wanita dewasa terkena penyakit Pagophagia ini. Karena itu untuk yg wanita, jangan anggap anda tidak akan terkena penyakit ini.


Sudah sejak SMP saya suka sekali makan es batu, setiap tes kesehatan hasilnya selalu terkena penyakit anemia. Setiap diperiksakan ke dokter, saya selalu disarankan untuk banyak makan makanan yg mengandung zat besi. Tapi saya nggak doyan sama makanan-makanan itu, jadi sampai sekarangpun tetap anemia deh >.<
Karena es batu juga perut saya jadi buncit terus, sering dimarahi orang tua juga. Tapi mau gimana lagi, bener-bener kayak orang kecanduan deh (untung bukan kecanduan narkoba hehe).

12 komentar:

  1. Aaaa kakean ngletuk es batu ancen @@

    BalasHapus
  2. AAAAAA I feel you~
    Aku juga sukaaaaaaa banget makan es batu loh, sampe semua orang yang liat heran: "Gigimu gak ngilu?" hahaha. Dan aku juga anemia kelas berat -___- aaaa ternyata ada yang senasib :)

    BalasHapus
  3. Wah kebiasaan kita sama, aku juga anemia. Tapi kalau gamakan es batu tuh rasanya badan lemes banget trus kpikiran mulu, Makanya bela2in cari es batu walau tengah malam haha

    BalasHapus
  4. wahaha sama thor.. aku juga anemia plus hobi bgt makan es batu ... kalo gak makan es batu itu kek ada yang kurang gitu.. aku juga agak buncit:3 oke kita senasip thor *bagi bagi es batu*

    BalasHapus
  5. Candu makan es batu udah 3tahun, dan gabisa cara nyembuhinya
    Miris :((

    BalasHapus